Saturday, March 7, 2009

Syariah Islam Diterapkan di Sekolah Balikpapan Terobosan Visi-Misi Kota Madinatul Iman

Rabu, 24 September 2008 , 11:39:00

Mata pelajaran ekonomi syariah Islam diterapkan sekolah-sekolah di Balikpapan. Kesepakatan ini hasil seminar dan lokakarya sehari bertema Penerapan Mata Pelajaran Ekonomi Syariah dalam Kurikulum Pendidikan dan Aplikasinya pada Sistem Perekonomian Indonesia.

ACARA
seminar dan lokakarya ini digelar Yayasan Sentra Pendidikan Bisnis bekerjasama Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Madani Balikpapan di Aula PT Telkom Divre VI Jl MT Haryono Balikpapan, kemarin, menghadirkan pakar pendidikan dan ekonomi syariah dari Jogja, Ir Dwi Condro Triono MAg dan Sugeng Widodo SE.

Selain itu panitia juga menghadirkan narasumber pembahas dari Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, DPRD Balikpapan, MUI Balikpapan, MGMP Ekonomi, Perbankan Syariah. Peserta terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum dan guru ekonomi SD, SLTP, SLTA se-Kota Balikpapan.

Penanggung jawab kegiatan Sugianto menjelaskan, latar belakang dilaksanakannya seminar ini untuk memberikan wawasan dan pemahaman yang benar kepada dunia pendidikan terhadap konsep sistem ekonomi Islam, dan merealisasikan penerapan mata pelajaran ekonomi syariah di sekolah.

Ada hal menarik dalam seminar ini, setelah narasumber menjelaskan konsep ekonomi Islam secara jelas, peserta yang sebagian besar guru IPS dan Ekonomi mengungkapkan kekagumannya terhadap konsep dan aplikasi sistem ekonomi Islam. Ternyata, ekonomi Islam apabila benar-benar diterapkan jauh lebih baik dibandingkan sistem ekonomi sosialis dan kapitalis.

Visi-misi Kota Balikpapan sebagai Kota Madinatul Iman rupanya bukan isapan jempol, ini bisa dilihat dari dukungan luar biasa terhadap penerapan kurikulum ekonomi syariah dari semua pihak.

“Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan Sarjono sangat mendukung terhadap rencana ini, bahkan beliau menyarankan agar segera berkoordinasi dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk menyusun rencana kerja, khususnya dalam pelaksanaan pelatihan Ekonomi Syariah kepada guru-guru Ekonomi dan IPS di Balikpapan,” kata Sugianto.

Wali Kota Balikpapan H Imdaad Hamid menyambut baik rencana penerapan pelajaran ekonomi syariah di sekolah. Ini, merupakan terobosan yang sangat baik terutama untuk mewujudkan visi-misi Kota Balikpapan sebagai Kota Madinatul Iman.

Acara seminar diakhiri dengan pembacaan rumusan dan rekomendasi antara lain: umat Islam di Balikpapan sangat tulus ingin konsisten menerapkan syariah Islam, termasuk di dalamnya menerapkan mata pelajaran sistem ekonomi syariah dalam kurikulum pendidikan dan aplikasinya pada sistem perekonomian khususnya di Balikpapan.

Penerapan Sistem Ekonomi Syariah dalam kurikulum perlu memenuhi Standar Kurikulum (Standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pembiayaan, standar sarana dan prasarana). Pelajaran Ekonomi Syariah prinsipnya sudah bisa masuk ke KTSP.

Sambil menyiapkan standar kurikulum, kurikulum ekonomi syariah tidak dibuat berdiri sendiri. Ada usulan pengetahuan dasar tentang ekonomi syariah bisa dimasukkan dalam kurikulum SD, SMP dan SMA, sedangkan untuk kelanjutannya adalah di Perguruan Tinggi. Kendala utama dalam penerapan pelajaran ekonomi syariah adalah keterbatasan SDM Pendidik/Guru yang memahami Sistem Ekonomi Syariah.(ari)

No comments: